Cara Agar Anis Merah Cepat Teler

Cara Agar Anis Merah Cepat Teler – Aksi teler dari anis merah memang menjadi magnet bagi para pecinta burung yang memiliki bulu coklat keemasan dan hitam ini. Namun perlu diketahui bahwa yang suka beraksi teler adalah burung anis merah jantan, jadi bagi anda yang ingin burung anis merah yang dimiliki mau beraksi teler, pastikan bahwa burung anis merah anda berkelamin jantan.

Sebenarnya apa sih yang membuat si burung suka beraksi teler? Menurut beberapa pendapat, aksi teler dari anis merah adalah suatu kondisi alami ketika si burung telah menginjak dewasa yaitu saat burung anis merah berumur delapan bulan dimana pada saat itu birahi dari burung anis merah jantan mulai berkembang dengan baik. Dan aksi teler si anis merah adalah suatu cara bagi si burung jantan untuk menarik perhatian lawan jenisnya atau burung anis merah betina. Pada saat si burung jantan mencoba menarik perhatian burung betina, pada saat itu si burung anis merah jantan dalam kondisi sedang birahi.

Lalu bagaimana bagaimana cara agar anis merah cepat teler? Meskipun aksi teler anis merah adalah suatu aksi alamiah, tetapi dengan beberapa cara, aksi teler anis merah dapat dikondisikan. Berikut ini adalah beberapa cara agar anis merah cepat teler atau sering teler.

anis merah teler

photo: kicau.com

  1. Memandikan dan menjemur secara teratur

Mandi adalah suatu keharusan bagi anis merah, sebab burung ini termasuk jenis burung yang menyukai situasi yang dingin atau sejuk. Dengan mandi dan berjemur secara teratur burung anis merah akan lebih segar, sehat danbergairah. Mandikan burung anis merah setiap pagi sekitar jam 6 pagi atau setelah matahari terbit. Namun, sebelumnya diangin-anginkan kurang lebih selama 30 menit. Selanjutnya burung dijemur selama 1-2 jam. Penjemuran ini dapat merangsang metabolism tubuh anis merah semakin baik.

  1. Pemberian pakan

Pemberian pakan yang tepat dapat memicu burung anis merah cepat teler. Pakan yang seharusnya diberikan agar burung cepat teler adalah memberikan voer yang berkualitas, yaitu voer yang memiliki kadar protein 12%-18%. Selain itu berikan pula extra fooding berupa jangkrik, kroto, ulat hongkong atau cacing dan buah-buahan seperti pisang, apel dan papaya. Extra fooding jangkrik sebaiknya diberikan setiap hari sebanyak 6 ekor. Berikan 3 ekor di pagi hari dan tiga ekor di sore hari. Untuk pemerian kroto, lakukan seminggu sekali sebanyak 1 sendok teh. Sedangkan untuk cacing berikan 1-2 kali seminggu sebanyak 2 ekor.  Menurut  beberapa pendapat cacing dapat membuat anis merah betah untuk teler di tangkringan. Sedangkan untuk ulat hongkong, sebaiknya diberikan saat burung anis merah akan ikut lomba.

Pemberian pakan yang kaya akan protein hweani ini diyakini dapat meningkatkan birahi si burung yang pada akhirnya dapat memicu burung anis merah racin berkicau dan beraksi teler.

  1. Mendekatkan burung anis merah betina

Selain memandikan, menjemur dan memberikan pakan yang berkualitas, mendekatkan burung anis merah jantan dengan burung anis merah betina bisa menjadi salah sayu cara yang dapat diandalkan untuk membuat anis merah jantan cepat teler. Hal ini masuk akal, sebab aksi teler anis merah jantan adalah suatu upaya untuk menarik perhatian anis merah betina. Caranya adalah dengan menempelkan sangkar burung anis merah betina pada sangkar anis merah jantan. Dengan begini, anis merah jantan yang tertarik dengan si betina pasti akan beraksi dengan gaya teler karena ingin menarik perhatian anis merah betina sekaligus menunjukkan kalau dia sedang birahi.

  1. Melakukan pemasteran

Satu hal lagi yang bisa menjadi cara agar anis merah cepat teler adalah melakukan pemasteran, yaitu memperdengarkan suara burung anis merah lain yang menjadi master secara langsung atau melalui Mp3. Cara ini juga diyakini akan mendorong anis merah jantan untuk cepat gacor sekaligus cepat teler.

Demikian tentang cara agar anis merah cepat teler. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba dengan langka-langkah tersebut, semoga berhasil!

Cara Agar Anis Merah Cepat Teler | admin | 4.5