Cara Merawat Burung Cucak Ijo Agar Cepat Gacor

Hal yang paling menarik bagi penggemar burung pengicau adalah memiliki burung yang gacor dan dapat mendengarkan gacoran si burung setiap hari. Tak berbeda dengan para pecinta burung cucak ijo, mereka juga selalu memimpikan burung cucak ijo miliknya gacor terus  bahkan bisa diikutkan dalam kontes. Namun membuat burung cucak ijo gacor, bukan pekerjaan mudah. Butuh  kesabaran, ketekunan dan ketelatenan dalam perawatan sehari-hari maupun dalam mempersiapkan kontes. Dan satu hal lagi yang sangat penting, pastikan bahwa cucak ijo yang anda miliki adalah cucak ijo yang berkelamin jantan, sebab cucak ijo betina cenderung kurang bisa gacor meskipun telah dirawat dengan baik, sebab memang kecenderungan cucak ijo betina tidak pandai berkicau.

Nah, bila anda yang benar-benar ingin memiliki burung cucak ijo gacor, anda dapat mengikuti cara merawat cucak ijo biar gacor  dengan langkah-langkah berikut ini.

  1. Pembersihan kandang

Salah satu langkah penting selain merawat burung cucak ijo, melakukan pembersihan tempat burung atau kandang akan membantu burung cucak ijo terhindar dari bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit. Pembersihan kandang sebaiknya dilakukan setiap hari dengan membuang kotoran, membersihkan tempat makanan dan minuman.

gambar cucak ijo

pic: wikipedia.org

  1. Pemberian pakan

Agar cucak ijo cepat gacor pemberian pakan sangat perlu untuk diperhatikan. Caranya adalah dengan memberikan pakan yang diperlukan oleh cucak ijo yaitu voer, buah-buahan dan serangga. Untuk voer, berikan voer dengan kadar protein 12%-18%. Berikan voer baru setiap hari dan buang sisa voer yang masih ada dalam kandang, sebab biasanya sisa voer ini telah terkontaminasi dengan kotoran atau terkena percikan air minum yang membuat voer sudah tidak hiegenis lagi.

Untuk buah-buahan yang dapat diberikan pada cucak ijo adalah buah pisang kapok, papaya, apel, pir dan buah lainnya. Namun, buah terbaik bagi cucak ijo adalah papaya. Sebab papaya sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlancar pencernaan. Meskipun demikian agar burung tidak bosan berikan aneka buah tersebut secara bergantian dengan papaya pada frekuensi terbanyak.

Selain buah-buahan pemberian serangga seperti jangkrik, kroto, ulat kandang atau ulat hongkong juga penting untuk memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan burung cucak ijo. Pemberian serangga ini sebaiknya secukupnya saja. Jika anda ingin memberikan jangkrik, berikan 5 ekor per hari, 3 ekor di pagi hari dan 2 ekor di sore hari. Jika anda ingin memberikan kroto atau ulat kandang berikan satu sendok tek setiap hari.

  1. Memandikan dan menjemur

Di samping pembersihan kandang dan pemberian pakan, satu hal lagi yang penting sebagai cara merawat cucak ijo biar gacor adalh memandikan dan menjemur. Mandikan burung cucak ijo pada pagi hari sekitar jam 8 pagi dengan menyemprot atau menggunakan keramba mandi, namun sebelumnya diangin-anginkan dulu selama 30 menit. Selanjutnya jemur selama 1-2 jam sambil diberikan pakan berupa voer dan extra fooding jangkrik sebanyak 3 ekor. Jangan lupa berikan air minum dengan air matang atau air mineral agar burung tidak terkena flu. Lebih baik lagi jika dalam minuman ditambahkan dengan multi vitamin seminggu sekali. Setelah dijemur, burung cucak ijo diangin-anginkan lagi selama setengah jam dan dikerodong hingga jam 3 sore. Pada sore hari burung diangin-anginkan lagi sekitar jam 3 sore, jika perlu dimandikan lagi, tidak pun tidak apa-apa. Pada saat ini tambahkan makanan berupa voer dan extra fooding jangkrik 2 ekor. Periksa air minumnya, pastikan air minum masih cukup. Menjelang malam burung dikerodong lagi.

  1. Pemasteran

Satu hal lagi yang penting dalam cara merawat cucak ijo biar gacor adalah pemasteran. Pemasteran dapat dilakukan dengan memperdengarkan suara burung master atau melalui MP3. Sebaiknya pemasteran dilakukan setelah burung cucak ijo diangin-anginkan yaitu pada pukul 10 pagi hingga jam 3 sore. Kemudian pemasteran dapat dilakukan lagi pada malam hari hingga pagi harinya. Agar hasil pemasteran maksimal , pada saat pemasteran burung sebaiknya dikerodong.

Selain 4 langkah tersebut , satu hal lagi yang membantu cucak ijo biar gacor adalah memberikan lingkungan yang tenang, nyaman dan bebas dari gangguan seperti suara gaduh, suara anjing atu gangguan hewan seperti tikus  dan kucing.

Demikianlah cara merawat cucak ijo biar gacor yang dapat dilakukan setiap harinya. Dengan kesabaran dan ketelatenan dalam perawatan harian tersebut, bukan tidak mungkin burung cucak ijo kesayangan anda akan gacor siang malam.

Cara Merawat Burung Cucak Ijo Agar Cepat Gacor | admin | 4.5