Ciri-Ciri Pleci Jantan dan Pleci Betina (Fisik dan Perilaku)

Ciri-Ciri Pleci Jantan dan Pleci Betina (Fisik dan Perilaku) – Bagi sebagian besar pecinta burung, memiliki burung berkelamin jantan biasanya lebih disukai daripada memiliki burung berkelamin betina, karena burung jantan memiliki suara atau kicauan yang lebih indah, keras dan lantang dibanding kan dengan burung betina. Demikian pula bagi para pecinta burung pleci. Mereka juga lebih suka memiliki burung pleci jantan daripada burung pleci betina dengan alasan sama, yaitu keindahan kicauannya. Padahal burung pleci betina juga sangat bermanfaat untuk untuk dimiliki dan untuk dipelihara.

Salah satu kegunaan dari burung pleci betina adalah untuk memancing burung pleci jantan agar lebih sering buka paruh atau bersuara. Caranya adalah dengan menggantang burung pleci betina dengan jarak yang cukup dekat tetapi tidak terlalu dekat. Ketika burung pleci betina berkicau, maka burung pleci jantan akan cenderung membalasnya dengan suara yang lebih lantang. Dengan cara ini, lambat laun burung pleci jantan akan lebih sering berkicau. Jadi memiliki burung pleci jantan dan betina sama-sama penting.

Lalu bagaimana cara mengenali ciri-ciri pleci jantan dan betina? Bila dilihat sekilas, burung pleci jantan dan betina hampir sama, namun bila diperhatikan dengan teliti mulai dari paruh hingga ekor akan terlihat jelas ciri-ciri dan perbedaan burung pleci jantan dan betina. Nah, agar anda dapat membedakan mana burung pleci jantan dan mana burung pleci betina, silakan simak ciri-ciri burung pleci jantan dan betina dari segi ciri fisik berikut ini, mulai dari paruh hingga ekornya.

ciri pleci jantan vs betina

pic: omkicau.com

Ciri-Ciri Pleci Jantan dan Betina

Paruh

Paruh burung pleci jantan lebih pendek dan besar. Sedangkan paruh burung pleci betina cenderung panjang dan lebih runcing. Selain itu paruh burung  pleci jantan terkesan lebih kuat dibanding dengan paruh burung pleci betina.

Bola Mata

Bola mata burung pleci jantan terlihat lebih besar, lingkaran putih yang mengelilingi mata yang menyerupai kaca mata juga lebih tebal dan tajam. Sedangkan pada burung pleci betina, ukuran bola matanya normal, bahkan terlihat lebih kecil. Lingkaran kaca matanya juga tampak lebih tipis jika dibandingkan dengan burung pleci jantan.

Klep Mata

Untuk membedakan burung pleci jantan dan betina dari ciri klep matanya memang agak sulit, tapi bila dicermati burung pleci jantan memiliki klep mata tampak putus-putus dan menebal dibagian bawahnya. Sementara itu klep mata burung pleci betina terlihat bulat dan tidak putus.

Kepala

Untuk membedakan cirri burung pleci jantan dan betina dari bentuk kepala sangatlah mudah. Karena kepala burung pleci betina dan jantan cukup jelas berbeda. Kepala burung pleci jantan terlihat lebih besar dan berbentuk bulat, sementara kepala burung pleci  betina lebih kecil dan agak pipih atau gepeng.

Bentuk Badan

Bentuk badan burung pleci jantan lebih panjang dan terlihat kuat serta gagah, sedangkan bentuk badan burung pleci betina cenderung berbentuk bulat dan pendek.

Warna Bulu

Bila dilihat dari warna bulunya, bulu burung pleci jantan lebih mengkilat, bersih dan warnanya lebih tajam. Sementara itu, warna bulu burung pleci betina terlihat kurang cerah bahkan cenderung kusam.

Pen atau dubur

Pen atau dubur burung pleci jantan lebih menonjol atau lebih panjang dan ditumbuhi bulu, sedangkan pen burung pleci betina lebih kecil dan tidak menonjol serta ditumbuhi bulu lebih sedikit.

Ekor

Bila dilihat dari model ekornya, burung pleci jantan memiliki ekor lebih panjang dan pada bagian ujungnya membentuk huruf V. Sementara itu bentuk ekor pada burung pleci betina lebih pendek dan ujungnya rata, tanpa membentuk huruf V.

Perbedaan Perilaku Burung Pleci Jantan dan Betina

Selain dari ciri fisiknya, untuk membedakan burung pleci jantan dan burung pleci betina juga bisa dilihat dari perilakunya pada saat dalam sangkar dan pada saat dimandikan.

Perilaku Pleci Jantan

  • Pada umumnya burung pleci jantan memiliki perilaku lebih lincah dan aktif ketika di dalam sangkar. Suara Pleci jantan juga lebih keras dan berirama.
  • Ketika dimandikan dengan disemprot air, bulu di bagian kepala burung pleci jantan akan berdiri membentuk seperti jambul.

Perilaku Burung Pleci Betina

  • Bila di dalam sangkar, burung pleci betina cenderung lebih banyak diam, tidak segesit burung pleci jantan.
  • Bila disemprotkan air saat dimandikan, bulu kepala burung pleci betina tidak membentuk jambul.

Demikianlah, ciri-ciri dan perbedaan burung pleci jantan dan betina dari segi fisik dan perilakunya. Dengan mengenali ciri-ciri tersebut anda akan lebih mudah membedakan mana burung pleci jantan dan mana burung pleci betina. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda, dan terima kasih telah membaca artikel ini.

Incoming search terms:

  • gambar pleci betina
  • cara membedakan pleci jantan dan betina dari suaranya
  • Pleci jantan jantan bedanya
  • pleci jantan dan betina
  • pleci jantan
  • pleci cang cing jantan apa betina
  • perilaku awalan pertama pleci betina dan jantan ditemukan
  • membedakan burung pleci jantan dan betina dari fisiknya
  • dagu pleci jantan dan
  • ciri pleci jantan dakun
Ciri-Ciri Pleci Jantan dan Pleci Betina (Fisik dan Perilaku) | admin | 4.5