Jenis-Jenis Burung Kenari (Eropa – Indonesia – Persilangan)

Jenis-Jenis Burung Kenari – Burung Kenari atau Serinus Canaria adalah burung yang ditemukan di Kepulauan Canary yang terletak di sebelah barat pesisir Afrika, tepatnya pesisir antara Maroko dan Sahara Barat oleh seorang pelaut Perancis bernama Jean de Berthan Coult pada abat ke 15 Masehi. Karena keindahan bulu dan kicauannya, akhirnya burung ini dikembangbiakan dan dikawinkan dengan kenari liar oleh pecinta burung di Spanyol, Italia, Inggris, Belgia dan Jerman untuk diperdagangkan di seluruh Eropa. Dari hasil peternakan di beberapa negara di Eropa inilah akhirnya muncul beberapa jenis kenari dari Eropa.

Di Indonesia sendiri terdapat juga burung kenari. Sebenarnya burung kenari yang hidup di Indonesia ini adalah burung kenari asal Belanda, China dan Taiwan yang dibawa oleh pedagang dari negeri tersebut ke Indonesia. Selanjutnya ketiga jenis kenari ini dikawinkan dan akhirnya muncullah kenari lokal yang pada umumnya hidup di Pulau Jawa.

Selain kenari Eropa dan kenari lokal, terdapat pula kenari jenis F. Kenari jenis ini merupakan kenari hasil persilangan dari kenari Eropa yaitu kenari yorkshire jantan dengan kenari betina lokal. Dari hasil persilangan ini selanjutnya dilakukan persilangan lagi dan muncullah beberap jenis kenari F.

burung-kenari

 

Untuk mengetahui lebih rinci jenis-jenis kenari baik kenari Eropa, kenari lokal dan kenari jenis F, simak uraian berikut ini.

Macam-Macam Burung Kenari Eropa

Sejauh ini ada 8 jenis kenari Eropa yang populer dan banyak diminati oleh pecinta burung kenari. Kedelapan jenis kenari tersebut adalah:

  1. Kenari Yorkshire

Kenari ini memiliki tubuh tegap dengan kaki yang lebih panjang dibandingkan dengan jenis kenari lainnya. Kenari Yorkshire termasuk jenis kenari yang bertubuh ramping. Warna kenari yorkshire ada yang kuning, ada pula yang warna hijau kekuningan. Kenari jenis ini juga sering disebut sebagai kenari wortel, karena bentuk dadanya yang menyerupai wortel yang dibalik.

  1. Kenari Norwich

Keunikan dari kenari ini adalah bentuk tubuhnya bulat dan terlihat gendut jika dibandingkan dengan kenari yorkshire. Bulu yang menutupi tubuhnya juga tebal , dada lebar, punggungnya pendek dan lebar. Sayapnya juga pendek. Biasanya warnanya hijau, ada pula yang warnanya kuning.

  1. Kenari Border

Kenari ini banyak di temukan di daratan yang memisahkan antara Inggris dan Skotlandia.  Disebut kenari border karena kenari ini ditemukan di daerah perbatasan atau border. Bentuk tubuhnya pendek dan bulat.

  1. Kenari Gloster

Ciri-ciri dari kenari ini adalah bulu badan berwarna kuning dengan bulu sayap berwarna kehijauan, sementara itu warna bulu ekornya putih. Dari jenis kenari ini ada yang memiliki jambul.  Jambul yang unik ini, sebenarnya adalah bulu yang berdiri memutar membentuk seperti paying. Jika jambul ini panjang, maka jambul ini sering menutupi sebagian mata dan mukanya. Jenis kenari gloster yang memiliki jambul disebut kenari gloster corona, sedangkan yang tidak berjambul disebut kenari gloster consort.

  1. Kenari Roller

Kenari jenis ini memiliki tubuh ramping dan panjang, mirip dengan kenari yorkshire, dengan bentuk kepal agak bulat. Postur tubuhnya hampir sama dengan kenari yorkshire, tetapi kenari ini tidak berdiri tegap. Umumnya bulunya berwarna kuning dengan bulu berwarna putih dibagian ekornya.

  1. Kenari Frill

Kenari ini memiliki ciri khusus yaitu bulunya yang berombak dan membentuk kerutan. Sekilas bulu kenari frill ini terlihat berantakan dan tumbuh tidak beraturan. Mirip dengan rambut yang tidak disisir. Model bulu unik yang dibagian punggung disebut dengan mantle, sedangkan di bagian dada disebut jabot dan bulu dibagian paha dan sayap disebut dengan fin.

  1. Kenari Crest

Kenari crest memiliki tubuh agak bulat mirip dengan kenari gloster. Keunikan dari kenari ini ada yang memiliki jambul. Namun, jambul kenari crest berbeda dengan jambul kenari gloster. Jika kenari gloster jambulnya melingkar membentuk seperti payung, kenari crest jambulnya mendatar ke depan dank e samping mirip dengan topi pipih. Keindahan dari jambul inilah yang sering menjadi ajang kontes kenari crest.

  1. Kenari Belgia

Kenari belgia memiliki postur tubuh ramping dan panjang. Bentuk kepala mirip dengan kepala ular dengan ukuran kecil. Kakinya panjang dan cenderung berdiri tegak. Umunya kenari belgia berwarna kuning.

Jenis-Jenis Burung Kenari Indonesia

Untuk kenari lokal, pada umumnya memiliki postur tubuh yang sama atau mirip dengan postur tubuh kenari yorshire dan kenari roller. Model bulunya juga normal tidak unik seperti kenari crest dan gloster yang memiliki jambul dan tidak pula seperti kenari frill yang bulunya berombak. Keunikan dari kenari lokal ini adalah pada warna bulunya yang bermacam-macam, sehingga sebagian besar nama kenari lokal disamakan dengan warna bulunya.  Jenis kenari lokal antara lain:

  1. Kenari Merah atau Kenari Orange
  2. Kenari Kuning
  3. Kenari Putih
  4. Kenari Sunkist
  5. Kenari Hijau
  6. Kenari Isabel
  7. Kenari Starblue
  8. Kenari Bond

Burung Kenari Jenis F (Kenari Persilangan)

Kenari jenis ini adalah kenari hasil persilangan antara kenari Eropa yaitu kenari Yorkshire jantan dan kenari lokal indonesia betina. Ada beberapa jenis kenari jenis F yaitu:

  1. Kenari F1

Kenari ini adalah hasil persilangan kenari Yorkshire jantan dan kenari lokal betina

  1. Kenari F2

Kenari F2 adalah kenari hasil persilangan kenari Yorkshire jantan dan kenari betina F1

  1. Kenari F3

Kenari ini adalah kenari hasil persilangan antara kenari Yorkshire jantan dan betina F2

  1. Kenari AF

Kenari AF adalah kenari hasil persilangan kenari F1 jantan dan kenari betina lokal

  1. Kenari AFS

Kenari jenis ini adalh kenari hasil persilangan kenari F1 dan kenari F1

  1. Kenari Loper (Lokal Super)

Kenari loper adalah kenari hasil persilangan kenari AF dan kenari lokal.

Nah, demikianlah jenis-jenis kenari yang banyak dikenal baik di Eropa dan beberapa negara lain di dunia dan jenis-jenis kenari lokal maupun kenari hasil persilangan kenari Eropa dan kenari lokal yang disebut kenari jenis F. Semoga informasi jenis-jenis kenari ini bermanfaat bagi anda.

Jenis-Jenis Burung Kenari (Eropa – Indonesia – Persilangan) | admin | 4.5