Jenis-Jenis Cucak Ijo di Indonesia Lengkap Gambar

Bila dilihat dari daerah penyebarannya, burung cucak ijo hidup di Semenanjung Malaysia, Sumatera,  Kalimantan, Jawa, Natuna dan Bali. Dan ternyata setelah diteliti dan dicermati burung cucak ijo yang hidup di tiap-tiap daerah penyebaran tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan sehingga para peneliti membagi jenis-jenis cucak ijo berdasarkan daerah penyebaran itu. Dan saat ini ada 5 jenis cucak ijo yang populer di Indonesia yaitu cucak ijo Sumatera, cucak ijo Kalimantan, cucak ijo Banyuwangi, cucak ijo rente dan cucak ijo mini. Bagaimanakah ciri-ciri masing-masing jenis cucak ijo tersebut? Untuk mengenalinya, silakan simak uraian berikut ini.

  1. Cucak Ijo Sumatera

    cucak-ijo-sumatra

    pic:wikipedia.org

Burung cucak ijo Sumatera memiliki ciri-ciri yang sangat mudah dikenali. Warna bulu di kepala bagian atas berwarna kuning, dari ciri-ciri ini, burung cucak ijo Sumatera di sebut juga dengan cucak ijo kepala kuning. Selain itu terdapat bulu warna biru di bagian pipi dan bawah paruh, kepala belakang, bahu, dada dan punggung. Sementara itu warna kaki burung ini abu-abu dengan trotol biru, unik sekali.Ukuran tubuh relatif kecil jika dibandingkan dengan jenis burung cucak ijo yang lain.

  1. Cucak Ijo Kalimantan

    cucak-ijo-kalimantan

    pic:burungkicau.com

Cucak ijo Kalimantan adalah cucak ijo yang paling digemari karena warna bulu cucak ijo Kalimantan seluruhnya di dominasi oleh warna hijau segar atau warna hijau daun yang merata mulai dari kepala hingga ekornya. Bila pada jenis cucak ijo lain terdapat bulu berwarna biru, untuk cucak ijo Kalimantan sama sekali tidak terdapat bulu berwarna biru. Hanya pada bagian ujung sayap terdapat sedikit warna abu-abu, tapi warna tidak begitu terlihat. Selain itu ukuran tubuh cucak ijo Kalimantan cukup besar dengan bentuk tubuh agak bulat dan kepala agak kecil sehingga terkesan tidak sebanding dengan ukuran tubuhnya. Untuk warna kaki coklat abu-abu.

  1. Cucak Ijo Banyuwangi

    cucak-ijo-banyuwangi

    img: olx.co.id

Bila dilihat dari ukuran tubuhnya, cucak banyuwangi tergolong cukup besar. Kepalanya juga besar, bahkan lebih besar dari cucak ijo Kalimantan sehingga terlihat proporsional dengan ukuran tubuhnya.  Selain itu warna bulunya juga didominasi dengan warna hijau seperti daun yang merata dari kepala hingga ekor, mirip sekali dengan cucak ijo Kalimantan, hanya saja pada bagian ujung sayap tidak terdapat warna abu-abu seperti cucak ijo Kalimantan. Warna kaki burung ini abu-abu kebiruan. Saat ini, cucak ijo Banyuwangi sudah sangat sulit dijumpai di hutan bebas. Sehingga untuk mendapatkannya sangat sulit. Bila anda ingin membeli cucak ijo Banyuwangi, berhati-hatilah, sebab kemungkinan anda akan mendapat cucak ijo Kalimantan karena ciri-cirinya yang hampir sama.

  1. Cucak Ijo Mini

    cucak-ijo-mini

    credit:olx.co.id

Cucak ijo ini memiliki ukuran tubuh paling kecil di antara jenis cucak ijo yang lain, sehingga disebut dengan cucak ijo mini. Bila dilihat dari warna bulunya, cucak ijo mini ini mirip sekali dengan cucak ijo Kalimantan yang memiliki warna bulu hijau segar merata mulai dari kepala hingga ekor tanpa ada bulu berwarna biru.

Kicauan cucak ijo mini ini ada yang keras ada pula yang pelan. Salah satu kelebihan dari cucak ijo mini adalah memiliki kicauan yang bervariasi bila dibandingkan dengan cucak ijo Kalimantan, Sumatera dan Banyuwangi yang berukuran tubuh lebih besar. Warna kaki cucak ijo mini ini berwarna hijau kebiruan.

  1. Cucak Ijo Rante

    gambar-cucak-ijo-rante

    pic: kaskus.co.id

Penampilan fisik cucak ijo rante sangat mudah dikenali, sebab burung ini memiliki bulu di bagian kepala yang berwarna kuning cerah. Selain itu, burung ini memiliki bulu berwarna biru di bagian sayap dan ekor . pada bagian ujung sayap dan ekor terdapat sedikit warna ungu.  Ukuran tubuhnya sama dengan ukuran tubuh cucak ijo mini. Kicauannya hampir sama dengan cucak ijo yang berukuran besar tetapi agak pelan.

Demikianlah, uraian tentang jenis-jenis cucak ijo, semoga informasi ini membantu anda untuk mengenali lebih detail tentang berbagai macam cucak ijo.

Incoming search terms:

  • jenis cucak ijo
  • perbedaan cucak ijo mini dan cucak rante
  • macam jenis burung cucak ijo
  • macam jenis burung cucak hijau
  • jenis cucak ijo dn daerah asal
  • jenis cucak ijo dan gambar
  • ciri cucak ijo dari daerah asal
  • jenis cucak hijau berdasarkan daerah
  • jenis c ijo
  • jenis burung cucak ijo dan perbedaanya
Jenis-Jenis Cucak Ijo di Indonesia Lengkap Gambar | admin | 4.5