Kenali Jenis Burung Pleci dan Suara Pleci Gacor

Kenali Jenis Burung Pleci dan Suara Pleci Gacor – Burung mungil berwarna kunig kehijauan ini akhir-akhir ini begitu ngehits di kalangan klub burung. Pleci alias burung kacamata punya banyak jenis dan cara bersuara. Kicauan burung pleci terdekar kecil melengking dan kalau sudah gacor bikin menjadi pusat perhatian. Burung Pleci kini jadi idola para penggemar burung lantaran suara yang unik, sering juara, harga tinggi, perawatan, dan pakan yang mudah. Sebenarnya, jenis burung pleci cukup banyak, namun ada tujuh jenis yang mudah dikenali dari segi ciri-ciri fisiknya, yaitu:

  1. Pleci Dakun Macok (Dada Kuning Mata Coklat)

    pleci dada kuning mata coklat

    img :wikipedia.org

Ciri dari burung pleci jenis ini adalah dada berwarna kuning, sedangkan punggungnya berwarna hijau. Matanya berwarna coklat dengan lingkaran putih disekelilingnya. Biasanya jenis ini berasal dari pulau Jawa dan sekitarnya. Ukuran tubuhnya strandart seperti ukuran burung pleci umumnya.

  1. Pleci Dakun Maput (Dada Kuning Mata Putih)

    pleci dakun maput dada kunig mata putih

    credit: kaskus.co.id

Ciri dari burung pleci jenis ini hampir sama dengan burung pleci dakun macok hanya saja bola mata burung pleci dakun maput, bola matanya dilingkari warna putih. Ukuran tubuhnya sama dengan ukuran burung pleci jenis lainnya. Burung pleci jenis ini sudah mulai langka.

  1. Pleci Auriventer (Pleci Auri)

    pleci auriventer dan buxtoni

    pic: burungkicau.com

Ciri khusus burung pleci auriventer disbanding dua jenis di atas, warna dada putih keunguan dan punggung hijau tua. Satu hal lagi yang unik dari jenis ini, lingkaran kaca mata lebih tebal disbanding jenis lainnya. Jenis burung pleci ini biasa ditemukan di Pulau Sumatera.

  1. Pleci Montanus

    Pleci Montanus

    img: youtube.com

Ciri unik dari burung pleci jenis ini adalah dada berwarna abu-abu dan punggung warna coklat dibagian pinggirnya. Ukuran tubuhnya lebih besar dan suaranya lebih kasar. Burung Pleci jenis ini biasa ditemukan di Pulau Jawa.

  1. Pleci Black Capped

    Pleci black capped

    img: olx.co.id

Ciri lain dari burung pleci black capped dibanding jenis pleci lainnya adalah ujung kepala berwarna hitam, bagian dada berwarna abu-abu, sedangkan bagian punggung berwarna kuning kehijauan. Postur tubuhnya lebih ramping dan suara ngebasnya lirih. Biasa ditemukan di Pulau Sumatera.

  1. Pleci Buxtoni

    pleci auriventer dan buxtoni

    img: omkicau.com

Burung pleci buxtoni bagian dadanya berwarna abu-abu agak kekuningan, dan terdapat garis kuning di dada, sementara itu warna punggungnya kuning kehijauan. Postur tubuhnya lebih bulat dan terlihat berisi. Biasa ditemukan di Pulau Jawa dan Sumatera.

  1. Pleci Salvadori Enggano

    pleci salvador

    img: manukgacor.com

Pleci yang satu ini cukup unik, warna dadanya abu-abu gelap dan terdapat sedikit warna kuning, sementara di bagian kepala terdapat semburan warna hitam. Ukuran tubuhny agak besar seperti pleci montanus. Suaranya lebih kencang dan mendayu . Pleci jenis ini biasa ditemukan di Pulau Sumatera.

Macam – Macam Suara Pleci Gacor

Suara pleci berkicau secara terus menerus atau disebut pleci gacor sebenarnya punya beberapa jenis suara. Secara garis besar Burung ini memiliki 4 cara bersuara yaitu ngriwik/ngriwis, ngalas, ngerol dan ngeplong. berikut ini cara membedakan masing-masing suara burung. Mungkin burung anda sudah masuk salah satu level kicauan berikut ini:

suara-pleci

img: olx.co.id

  1. Suara Pleci Ngriwik/Ngriwis

Ngriwik/ngriwis artinya mengulangi lagu atau nyanyian dengan volum suara yang pelan atau lirih. Biasanya suara ini menirukan suara yang berasal dari masternya, baik masteran alami atau buatan mp3. Ini biasanya dilakukan oleh pleci yang sedang memulai berkicau dan belajar membuat suara atau lagu.

  1. Suara Pleci Ngalas

Ngalas adalah suara asli burung pleci bila berada di habitat aslinya. Suaranya berbunyi ciw yang rapat dan disambung-sambung dengan cepat dengan nada naik turun, ditarik-tarik dan digulung-gulung panjang.

  1. Suara Pleci Ngerol

Ngerol adalah cara burung pleci mengeluarkan suara secara sambung-menyambung seolah-olah tanpa putus. Nada yang dikeluarkan pun membentuk nada yang bersambung, misalnya: 1-2-3-4-5-6 atau 5-4-3-2-6-1 begitu sambung menyambung.

  1. Suara Pleci Ngeplong

Ngeplong adalah cara burung pleci bersuara atau berkicau secara lantang dan keras dengan volum suara cukup besar. Suara ngeplong ini adalah suara burung pleci yang paling digemari oleh pecinta burung jenis ini.

Suara Masteran Pleci Gacor

Melatih burung agar cepat berkicau sangat penting karena lingkungan burung yang berubah dari alam bebas kedalam sangar. Cara merawat burung pleci bakalan dapat menggunakan file mp3 pleci gacor untuk masteran agar burung pleci cepat gacor juga. Anda bisa memutar file ini menggunakan mp3 player / radio tape di dekat sangkar burung dengan pengaturan volume yang anda sesuaikan layaknya burung asli. Suara ini akan memancing pleci anda mengira bahwa dirinya sedang ada teman sejenis didekatnya. Untuk mengunduh file masteran pleci gacor silahkan visit link disini.

Bagaimana, burung pleci cukup unik bukan? Semoga informasi jenis-jenis burung pleci dan suara burung pleci di atas bermanfaat dan menambah khasanah pengetahuan tentang burung ini secara detail. Tingkat suara burung pleci dan jenisnya sangat menentukan harga jual pleci. Latih terus peliharaan anda agar selalu mendapat juara.

Kenali Jenis Burung Pleci dan Suara Pleci Gacor | admin | 4.5