Kenari F1: Ciri-Ciri, Cara Merawat, dan Beternak

Kenari F1: Ciri-Ciri, Cara Merawat, dan Beternak – Sebenarnya istilah kenari F1 adalah istilah yang digunakan untuk memberi nama pada kenari hasil persilangan pertama. Initial F, berasal dari kata Filial yang artinya keturunan. Jadi, kenari F1 berarti keturunan kesatu atau keturunan pertama kenari jenis tertentu dengan kenari jenis lain.  Misalnya, kenari jenis Yorkshire jantan dikawinkan dengan kenari jenis lokal betina, maka akan menghasilkan F1 yorkshire. Bila persilangan ini dilanjutkan dengan mengawinkan kenari jenis yorkshire jantan dengan betina F1 yorkshire maka akan diperoleh kenari F2 atau kenari keturunan kedua. Demikian seterusnya.

Tujuan dari persilangan ini adalah untuk menghasilkan kenari yang memiliki ciri-ciri terbaik dari yang dimiliki induknya. Misalnya, kenari lokal yang memiliki kicauan yang bagus tetapi memiliki postur tubuh kecil, maka untuk menghasilkan kenari yang lebih baik dapat disilangkan dengan kenari Yorkshire yang memiliki  tubuh besar dan panjang agar diperoleh kenari yang memiliki kicauan bagus sekaligus memiliki postur tubuh yang besar, tegap dan panjang.

Dengan demikian, jenis kenari F1 itu bermacam-macam tergantung dari indukan yang disilangkan. Jika yang disilangkan adalah kenari yorkshire jantan dengan kenari lokal betina maka hasilnya adalah Kenari F1 yorkshire. Jika yang disilangkan kenari roller jantan dengan kenari lokal betina, maka akan dihasilkan kenari F1 roller. Begitu seterusnya. Lalu bagaimana cara mengenali ciri-ciri Kenari F1, cara merawat dan cara beternak? Silakan simak rician berikut ini.

kenari f1

credit: olx.co.id

Ciri-Ciri Kenari F1

Untuk mengenali ciri-ciri Kenari F1, maka hal yang paling penting adalah mengenali ciri-ciri indukan yang disilangkan. Misalnya untuk mengenali ciri-ciri Kenari F1 yorkshire maka kita harus tahu ciri-ciri kenari Yorkshire jantan. Jadi, untuk mengenali ciri-ciri Kenari F1 tertentu maka harus diketahui ciri-ciri indukan dari kenari F1 tersebut.

Pada umumnya, tujuan pecinta burung kenari mencari dan mengenali ciri-ciri kenari F1 jenis tertentu adalah untuk melanjutkan persilangan tersebut sehingga diperoleh kenari dengan genetik pasti atau fixed strain yang memilki ciri-ciri khusus yang tidak berubah, biasanya akan diperoleh setelah F4.

Di Indonesia, kenari F1 yang paling populer dan dicari adalah kenari F1 yorkshire. Yaitu kenari hasil persilangan dari kenari yorkshire jantan dengan kenari lokal betina. Untuk mengenali  kenari F1 yorkshire, simak ciri-ciri kenari F1 yorkshire berikut ini.

  1. Kepala berbentuk bulat dengan lekukan yang jelas antara tengkorak belakang dan punggung
  2. Dapat berdiri tegap dengan kaki panjang dan kokoh
  3. Posisi ekor sedikit terangkat
  4. Keseluruhan tubuh terlihat lebar dan semakin meruncing hingga ekor
  5. Panjang tubuh sekitar 17 cm
  6. Suara nyaring
  7. Warna bulu nampak tegas
  8. Posisi sayap rata, menempel dan menyatu hingga ekor, tidak mekar.

Cara Merawat Kenari F1

Dua hal penting dalam merawat burung kenari F1 adalah member pakan dan memandikan.

  1. Cara memberi pakan

Makanan utama kenari adalah biji-bijian. Biji-bijian yang dapat diberikan adalah biji kenari, biji bunga matahari, kacang hijau, kedelai gandum dan gabah. Berikan biji-bijian ini secara bergantian setiap hari dalam porsi cukup. Selain biji-bijian berikan pula buah-buahan dan sayuran seperti apel, tomat, papaya, sawi , bayam, selada dan lainnya. Berikan secara bergantian dua hari sekali dengan jumlah secukupnya. Untuk memberikan protein hewani pada kenari, berikan pula kuning telur, kroto, ulat hongkong atau jangkrik. Berikan extra fooding ini setiap hari dalam jumlah yang tidak berlebihan. Berikan kuning telur burung puyuh  setiap 2 hari sekali 1 butir. Untuk meningkatkan stamina, berikan madu pada minuman burung kenari seminggu sekali sebanyak satu sendok teh.

  1. Cara memandikan

Cara memandikan kenari yang paling tepat adalah menyediakan bak mandi khusus burung. Kemudian mandikan kenari dengan membasahi bulunya secara perlahan-lahan sambil dielus-elus agar kenari semakin jinak. Memandikan dengan cara disemprot kurang baik, karena kenari cenderung ketakutan dan dapat pula merusak bulu-bulunya. Saat yang tepat untuk memandikan kenari adalah jam 7 pagi hingga jam 9 pagi. Pada sore hari jam 3 sore hingga jam 4 sore. Setelah dimandikan kenari dijemur  sekitar setengah jam hingga 1 jam. Selanjutnya angin-anginkan. Pada malam hari sebaiknya kenari dikerondong agar dapat beristirahat dengan tenang dan terhindar dari kedinginan.

Cara Beternak Kenari F1

Untuk beternak kenari F1, secara umum tidak berbeda jauh dengan cara beternak burung murai batu. Namun ada hal-hal spesifik yang perlu dilakukan dalam beternak burung kenari F1 terutama dalam memilih indukan, melakukan perjodohan, pengeraman dan perawatan anakan. Untuk lebih detail simak langkah-langkah beternak kenari F1 berikut ini.

  1. Pilih indukan yang sehat, lincah dan memiliki kualitas yang bagus baik dari segi fisik maupun kicauannya. Pastikan usia kenari jantan telah berusia 8 bulan dan untuk betina 6 bulan.
  2. Selanjutnya lakukan perjodohan dengan mendekatkan sangkar burung kenari jantan dan betina selam kurang lebih 3 hari. Pada saat ini berikan pakan dan minuman yang berkualitas agar birahi kedua burung muncul.
  3. Selagi menunggu reaksi perjodohan, siapkan kandang untuk menempatkan dua ekor burung kenari yang akan dikawinkan. Pastikan kandang atau sangkar aman dari kebisingan dan keributan serta ganguan serangga seperti semut dan kecoa. Letakkan kandang menempel di dinding agar tidak mudah goyang. Letakkan pula sarang untuk meletakkan telur dan mengeram.
  4. Bila kedua kenari telah saling tertarik, maka masukkan burung kenari betina ke dalam sangkar terlebih dahulu, selanjutnya masukkan kenari jantan. Waktu yang baik untuk mengawinkan kenari adalah sore hari. Caranya, masukkan kenari jantan setiap sore hingga esok harinya dalam sangkar yang berisi kenari betina. Kemudian pada pagi hari hingga sore hari masukkan dalam sangkar gantung. Demikian terus hingga kenari bertelur.
  5. Bila kenari telah bertelur dan waktunya mengeram, maka selanjutnya adalah cara perawatan saat mengeram. Selama prose mengeram, biarkan kenari jantan menemani kenari betina agar tidak meninggalkan sarang. Pada saat ini berikan pakan berupa biji-bijian dalam jumlah cukup dan juga berikan buah-buahn dan sayura. Berikan pula telur puyuh rebut 2 kali seminggu. Pada masa mengeram, kenari tidak perlu dimandikan dan dijemur.
  6. Saat telur telah menetas, biarkan anakan kenari bersama induknya. Berikan pakan berupa biji-bijian , air minum dan telur puyuh rebus. Hindari memberikan buah-buah dan sayuran sebelum anakan kenari berusia seminggu. Setelah lebih dari seminggu berikan pakan kenari seperti biasa. Setelah anakan kenari berusia satu bulan baru bisa dipisahkan dari induknya . Selanjutnya kembalikan kenari indukan ke sangkar gantung dan dimandikan dengan menambahkan obat anti kutu dan dijemur seperti biasa. Setelah satu minggu, indukan kenari dapat disiapkan untuk dikawinkan lagi.

Demikianlah informasi seputar kenari F1, ciri-ciri, cara merawat dan cara beternak. Semoga informasi ini membantu anda untuk mengenal lebih jauh tentang kenari F1. Dan terima kasih telah membaca artikel ini.

Incoming search terms:

  • ciri indukan knari kedinginan
Kenari F1: Ciri-Ciri, Cara Merawat, dan Beternak | admin | 4.5