Makanan Burung Jalak Suren Sesuai Habitat Asli

Berbicara tentang makanan jalak suren ternyata bukan hal sederhana. Makanan jalak suren ketika masih berada di dalam habitat aslinya dan ketika telah menjadi hewan perliharaan manusia ternyata sangat berbeda, baik itu sebagai hewan peliharaan untuk kesenangan atau bisnis melalui proses penangkaran. Tentu hal ini disebabkan oleh kebutuhan gizi dan nutrisi yang berbeda dalam setiap situasi dan kondisi tertentu dari burung jalak suren.

Nah, jika anda ingin mengetahui apa saja makanan jalak suren di dalam habitat asli, ketika masih anakan, untuk perawatan harian, proses menjodohkan, menjelang perlombaan dan saat sakit atau ngedrop, silahkan menyimak dengan seksama uraian berikut ini.

jalak suren

img: wikipedia.org

Makanan jalak suren dalam habitat aslinya

Di dalam habitat aslinya, makanan jalak suren adalah biji-bijian, buah-buahan, serangga dan molusca. Biji-bijian yang disukai oleh jalak suren adalah biji gandum, biji padi, biji jagung dan juga biji bunga matahari. Buah-buahan yang biasa di makan jalak suren adalah buah papaya, pisang, jambu dan apel. Sedangkan serangga yang biasa dimakan adalah jangkrik, belalang, ulat, kroto dan serangga lainnya. Jenis molusca kesukaan jalak suren adalah cacing, lintah dan siput. Sesekali burung ini juga menelan pasir dan kerikil kecil untuk memudahkan kerja temoloknya dalam menghacurkan makanan dari biji-bijian yang cenderung keras. Itulah sebabnya jika anda memelihara jalak suren, sebaiknya anda juga menambahkan pasir dan kerikil kecil dalam wadah makanan burung jalak suren agar proses pencernaannya tidak terganggu.

Makanan jalak suren anakan

Di alam bebas, anakan atau piyik jalak suren, biasa disuapi induknya dengan makanan yang lunak seperti buah-buahan, kroto atau siput. Ini adalah naluri sang induk jalak suren karena menyadari anaknya masih lemah. Bila memiliki penangkaran jalak suren, pemberian anakan atau piyik jalak suren sebaiknya juga diberikan makanan lunak, namun anda tidak harus memberi makanan seperti sang induk jalak suren di alam bebas. Anda cukup memberi anakan dengan kroto, roti atau voer yang siram sedikit air panas sehingga lunak. Jika anakan masih dlamasuhan induknya, sediakan saja makanan tersebut di kandang, maka sang induk secara alami akan memilih makanan lunak untuk anaknya.

Makanan jalak suren untuk perawatan harian

Sementara itu, makanan jalak suren untuk perawatan harian adalah voer, buah-buahan dan serangga. Voer dapat diberikan setiap hari dengan porsi cukup. Buah-buahan dapt juga diberikan setiap hari secara bergantian antara buah papaya, pisang, jambu dan apel. Sedangkan untuk serangga atau extra fooding berikan jangkrik 5-6 ekor sehari untuk satu ekor jalak suren, 3 ekor di pagi hari dan 3 ekor di sore hari. Sedangkan untuk kroto atau ulat hongkong berikan seminggu 2 kali sebanyak 1 sendok teh. Untuk meningkatkan stamina si burung, anda dapat menambahkan multi vitamin dalam minumannya seminggu sekali.

Makanan jalak suren saat proses menjodohkan

Makanan jalak suren ketika dalam proses dijodohkan hampir sama dengan makanan jalak suren untuk perawatan harian, namun satu hal yang perlu diberikan perlakuan khusus adalah pemberian extra fooding seperti jangkrik, kroto dan ulat hongkong. Pada masa ini sebaiknya burung jalak suren diberikan extra fooding lebih hingga 2-3 kali lipat. Tujuan dari perlakuan ini adalah untuk meningkatkan birahi si burung sehingga proses menjodohkan berjalan lancar dan berhasil.

Makanan jalak suren menjelang perlombaan

Jika anda ingin mengikutkan burung jalak suren anda untuk mengikuti lomba, maka makanan yang harus disajikan sedikit berbeda dengan makanan perawatan harian. Kunci dari pemberian makanan ini adalah untuk meningkatkan birahi si burung, sebab dengan birahi yang cukup tinggi, jalak suren akan cenderung banyak berkicau dengan maksud untuk memanggil lawan jenis. Adapun cara memberi makan menjelang lomba agar birahi naik adalah sebgai berikut:

  • Pada H-3 atau 3 hari sebelum lomba berikan extra fooding berupa jangkrik 6-10 ekor setiap pagi dan sore.
  • Pada H-2 atau 2 hari sebelum lomba kurangi penjemuran menjadi 30 menit.
  • Satu jam sebelum burung digantang pada lomba berika 3 ekor jangkrik sert aulat hongkong sebnayak 10-20 ekor.
  • Setelah turun lomba berikan, jika burung masih memiliki nafsu makan berikan jangkrik satu ekor lagi.

Selain itu hindari memandikan jalak suren di arena lomba, sebab ini akan membuat birahi burung tidak stabil. Berikan waktu juga pada si burung untuk beradaptasi dengan lingkungan lomba sebelum digantang.

Makanan jalak suren saat mabung

Mabung adalah proses rontoknya sebagian bulu burung, ini adalah proses alamiah. Hal ini terjadi pula pada jalak suren. Pada saat mabung burung jalak suren perlu mendapat makanan dengan jumlah 2 kali lipat dari biasanya agar burung tetap sehat dan proses mabung berjalan lancar. Bahkan beberapa breeder menyarankan untuk membuat racikan makanan khusus selama 3 minggu proses mabung. Makanan jalak suren saat mabung tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah racikan makanan dari campuran tepung tulang ikan, tepung daging, tepung udang, dan voer ayam masing-masing 1 sendok makan.
  2. Selanjutnya kocok 1 butir telur dan tambahkan pada racikan tepung tadi, lalu aduk.
  3. Berikutnya jemur racikan ini di bawah sinar matahri atau dioven hingga kering.
  4. Kemudian racikan digoreng dengan minyak sedikit atau disangrai.
  5. Berikan racikan ini setiap hari sebanyak 1 sendok makan.
  6. Racikan ini memiliki kadar protein yang tinggi, ini sangat baik untuk mendorong tumbuhnya bulu baru.

Demkian uraian tentang makanan jalak suren ketika berada di habitat aslinya dan dalam perawatan anda yang meliputi makanan jalak suren ketika masih anakan, perawatan harian, proses perjodohan, mejelang lomba dan saat mabung. Semoga informasi ini menambah referensi pengetahuan anda tentang makanan jalak suren. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Incoming search terms:

  • makanan burung jalak
  • cara membuat burung jsj menjadi nafsu makan
  • habitat asal jalak suren
  • pakan burung jalak
Makanan Burung Jalak Suren Sesuai Habitat Asli | admin | 4.5