Perbedaan Cucak Jenggot Jantan Vs Betina

Burung cucak jenggot merupakan salah satu burung dalam suku merbah atau cucak-cucakan yang unik, sebab burung ini memiliki ciri khusus yaitu memiliki bulu di bawah paruh yang panjang dan dapat dikembangkan sehingga menyerupai jenggot. Selain memiliki cirri fisik yang unik tersebut burung ini juga memiliki kicauan yang cukup bagus. Pada burung cucak jenggot jantan memiliki kicauan berupa tembakan-tembakan yang keras dan panjang, sehingga burung inipun memiliki cukup banyak penggemar.

Burung yang bernama latinĀ  Alophoixus bres ini termasuk burung berjenis monomorfik, yaitu jenis burung yang memiliki ciri hampir sama antara burung yang berkelamin jantan dan yang berkelamin betina. Jadi, jika anda ingin membeli burung ini di pasar atau di penangkaran untuk dijadikan gacoan tentu anda akan memilih yang berkelamin jantan, sehingga alangkah baiknya jika anda dapat mengenali dengan baik ciri-ciri cucak jenggot jantan dan cucak jenggot betina sehingga anda tidak akan salah pilih atau terkecoh dengan para pedagang yang tidak jujur memberi tahu mana cucak jenggot jantan dan cucak jenggot betina.

Selain itu, mengenali perbedaan cucak jenggot jantan dan betina sangat penting bagi anda yang ingin memilih indukan untuk dikembangkan atau ditangkarkan. Sehingga anda tidak akan salah pilih sekaligus dapat menentukan mana cucak jenggot jantan dan betina yang baik dijadikan indukan.

Untuk mengetahui secara detail perbedaan cucak jenggot betina dan jantan, silakan simak rincian berikut ini.

cucak jenggot

pic: wikipedia.org

Perbedaan Cucak Jenggot Jantan dan Betina

Perbedaan cucak jenggot jantan dan betina dapat dilihat dari bentuk tubuh, warna bulu, tingkah laku dan suara kicauannya.

Ciri-Ciri Cucak Jenggot Jantan

  1. Ukuran tubuhnya lebih besar, bentuk tubuh terlihat lebih langsing dan simetris, serta memiliki postur yang proporsional
  2. Warna Bulu dada berwarna kuning yang terlihat jelas dan dominan
  3. Bulu di bawah paruh panjang dan dapat dikembangkan hingga menyerupai jenggot
  4. Bila didekatkan dengan burung cucak jenggot yang lain maka sayapnya akan diam atau tidak bergetar
  5. Lebih suka makan buah-buahan seperti papaya atau pisang dan juga voer
  6. Memiliki kicauan yang bervariasi dan kadang membuat kicauan berupa tembakan-tembakan yang cukup keras dan panjang

Ciri-Ciri Cucak Jenggot Betina

  1. Bentuk tubuh cenderung bulat dan berisi atau terkesan gemuk dan pendek
  2. Warna Bulu dada sebagian besar berwarna putih
  3. Bulu di bagian bawah paruh tidak terlalu panjang sehingga tidak terlihat seperti jenggot
  4. Bila didekatkan dengan seekor burung cucak jenggot lain maka sayapnya akan digetarkan
  5. Lebih suka makan extra fooding seperti jangkrik dan kroto terutama saat akan bertelur
  6. Kicauan cenderung monoton dan tidak memiliki kemampuan untuk membuata kicauan yang unik

Selain memiliki ciri-ciri unik yang membedakan cucak jenggot jantan dan betina tersebut di atas, burung cucak jenggot juga memiliki tingkah laku yang unik pula yaitu cenderung akan menjadi ganas dan menyerang bila merasa ada pengganggu pada sarangnya atau pada dirinya. Padahal burung ini bukan tergolong burung petarung yang suka berkelahi atau yang mudah marah seperti burung muarai.

Satu hal yang menarik dari cucak jenggot adalah mudah jinak dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Burung ini juga sering membalas kicauan burung lain yang bernada tinggi terutama untuk yang berkelamin jantan.

Demikian ulasan tentang perbedaan cucak jenggot jantan dan betina serta beberapa informasi seputar karakteristik cucak jenggot . Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda, dan terima kasih telah membaca artikel ini.

Perbedaan Cucak Jenggot Jantan Vs Betina | admin | 4.5