Tips dan Cara Agar Pleci Cepat Gacor

Pada dasarnya istilah gacor dalam bahasa Jawa kasar yang artinya “banyak omong.” Dalam dunia perburungan, istilah gacor biasa digunakan untuk menjuluki burung yang sangat rajin berkicau dengan lantang. Memiliki burung yang gacor atau burung bocor tentu menjadi kebanggan, karena alasan untuk memiliki burung adalah untuk mendengarkan kicauannya atau gacorannya. Demikian pula bagi pecinta burung pleci, pada umumnya mereka juga menginginkan agar burung plecinya termasuk sebagai burung gacor.

Satu hal penting yang harus anda catat agar memiliki pleci gacor adalah membeli burung pleci jantan, sebab burung pleci jantan akan lebih suka berkicau atau gacor dibanding burung pleci betina. Agar anda tidak salah pilih saat membeli burung pleci, sebaiknya anda tahu ciri-ciri pleci jantan dan pleci betina.

Nah, bila anda telah memiliki burung pleci jantan, maka kini saatnya anda merawat dan melatihnya agar cepat gacor. Untuk membuat pleci cepat gacor, ada dua hal penting yang harus diperhatikan, yaitu perawatan harian dan pelatihan suara. Perawatan harian meliputi pemberian pakan khusus yang membuat pleci cepat gacor, memandikan dan penjemuran. Sedangkan pelatihan suara meliputi pemancingan atau pemasteran.

Cara Agar Pleci Cepat Gacor

Untuk mengetahui secara detail tips agar pleci cepat gacor, silakan simak rincian dua hal penting yang harus dilakukan.

pleci gacor

  • Perawatan Harian

Melakukan perawatan harian burung pleci dengan cara yang benar, akan membuat burung pleci memiliki stamina prima. Dengan kesehatan yang baik maka burung pleci akan lebih semangat untuk sering berkicau atau gacor. Berikut ini adalah langkah perawatan harian untuk mempersiapkan agar pleci cepat gacor.

  1. Pemberian Pakan Pleci

Agar pleci cepat gacor, berikan voer berkualitas baik. Berikan juga buah-buahan segar seperti papaya, pisang kepok, jeruk purut dan apel. Namun, pemberian buah-buahan jangan dilakukan setiap hari agar burung tidak bosan. Berikan buah-buahan tersebut secara bergantian. Pisang kepok berikan 3 hari sekali, jeruk purut 2 hari sekali, apel berikan 4 hari sekali dan papaya seminggu sekali. Selain itu, berikan pula ekstra fooding atau makanan tambahan berupa kroto dan ulat hongkong. Untuk memberikan asupan nehtar pada burung pleci berikan minum air yang dicampur gula atau madu. Jangan terlalu manis, tetapi cukup berasa manis layaknya nehtar asli.

Selain memberikan voer berkualitas, anda dapat juga membuat voer sendiri yang memiliki kandungan vitamin dan mineral cukup. Caranya adalah membuat adonan yang terbuat dari susu bubuk tawar (tanpa gula, biscuit, air jahe atau wedang jahe, pellet ikan merk takari, tepung jangkring dan bubuk fumayin). Buat campuran dengan takaran sama untuk bahan tersebut. Berikan sebanyak 1 sendok makan setiap hari.

  1. Memandikan dan Penjemuran Pleci

Cara memandikan yang tepat dapat membantu pleci cepat gacor. Cara memandikan yang tepat adalah dengan mendekatkan seluruh sangkar burung pleci yang anda miliki membentuk lingkaran agar mereka berdekatan lalu semprot tubuh burung pleci satu per satu secara bergantian. Atau bisa juga anda memasukkan beberapa ekor burung pleci ke dalam keramba mandi, kemudian menyemprot mereka satu per satu secara bergantian. Cara ini akan membantu pleci saling berkomunikasi sehingga mereka akan bersautan, inilah langkah awal pleci mulai rajin berkicau atau gacor. Lakukan memandikan burung pleci pada pagi hari sekitar jam 7 pagi dan sore hari sekitar jam 4 sore.

Setelah dimandikan, langkah selanjutnya adalah penjemuran. Pola penjemuran yang benar juga akan membantu pleci cepat buka suara atau mulai berkicau. Lakukan penjemuran sekitar 30 menit hingga satu jam, tergantung cuaca. Jangan menjemur terlalu lama karena sebenarnya burung pleci tidak tahan cuaca panas. Selama proses penjemuran dekatkan sangkar pleci dengan sangkar pleci yang lain agar mereka saling bersautan dan berlatih berkicau. Sambil menunggu bulu pleci kering, berikan jangkring 3 sampai 4 ekor. Hindari mendekatkan pleci dengan burung jenis lain, sebab ini dapat mengganggu kenyamanannya.

  • Pemancingan atau Pemasteran

Setelah melakukan langkah perawatan harian secara rutin sebagaimana tersebut di atas, langkah khusus agar pleci cepat gacor adalah melakukan pemancingan atau pemasteran. Yang dimaksud pemancingan atau pemasteran adalah memancing burung pleci agar menirukan kicauan burung pleci lain yang telah pandai berkicau.

Pemasteran dapat dilakukan dengan cara alami atau buatan. Pemasteran cara alami dapat dilakukan dengan mendekatkan sangkar burung pleci yang dilatih dengan sangkar burung pleci yang telah pandai berkicau atau gacor. Anda bisa mendekatkan burung pleci jantan atau betina, burung gereja atau burung kenari. Bila anda tidak memiliki burung lain, maka memberikan pemasteran dapat dilakukan dengan pemasteran buatan. Yaitu dengan memperdengarkan suara burung pleci melalui hp, laptop, mp3 player atau cd player dengan volume sedang sehingga terkesan alami dan tidak membuat pleci ketakutan dan stres. Lakukan cara ini setiap pagi dan malam hari. Untuk file suara pleci masteran silahkan kunjungi halaman berikut ini: masteran suara pleci.

Selain pemancingan atau pemasteran seperti tersebut di atas, sesekali ajak burung pleci yang dilatih berkicau untuk jalan-jalan dan bertemu dengan burung pleci lain. Selain itu, suara burung jenis lain dalam komunitas pecinta burung setidaknya seminggu sekali juga diperlukan untuk latihan. Cara ini akan membantu pleci bersosialisasi, berkomunikasi, dan menghindari rasa bosan pada pleci. Bila langkah tambahan ini dilakukan secara rutin maka pada tahap selanjutnya pleci akan terbiasa berkicau dengan rajin atau gacor.

Demikianlah, tips dan cara agar pleci cepat gacor yang dapat anda coba dan anda lakukan dengan rutin. Semoga informasi ini dapat membantu anda membuat burung pleci kesayangan lebih cepat gacor.

Tips dan Cara Agar Pleci Cepat Gacor | admin | 4.5